Pemerintah Targetkan Hingga Tahun 2024 Masyarakat Mendapat Akses Air Minum Layak dan Aman 100 Persen

- Rabu, 23 Maret 2022 | 13:13 WIB
foto ilustrasi Air minum (Pixbay.com-Baudolino)
foto ilustrasi Air minum (Pixbay.com-Baudolino)

HALLO SIDOARJO, Pemerintah menargetkan hingga tahun 2024, masyarakat Indonesia sudah mendapatkan akses air minum yang layak di konsusmsi dan aman 100 persen.

Dirjen Pencegahana dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Dr. dr, Maxi Rein Rondowunu, DHSM, MARS, menyampaikan, untuk menjamin semua masyarakat mendapatkan akses air minum yang layak dan aman, pemerintah telah menargetkan hingga tahun 2024.

Target tersebut merupakan target untuk menjamin masyakat mendapatkan air minum yang layak 100 persen dan 15 persen akses air minum yang aman.

Namun, menurut Maxi keberadaan mata air dan air tanah pada saat ini terus berkurang dan pemakaian air tanah juga harus dibatasi atau dihentikan mengingat adanya penurunan permukaan tanah.

Baca Juga: KPK Segera Umumkan Tersangka Baru Dugaan Korupsi Pengadaan Helikopter TNI AU

Tapi lanjut maxi, keberadaan air tidak hanya di lihat dari kuantitas, tapi juga dari sisi kualitas air yang banyak akibat mengalami pencemaran lingkungan, salah satunya yang berkaitan dengan layanan sanitasi yang layak.

“Ini perlu menjadi perhatian kita, agar semua aspek pembangunan khususnya penyediaan layanan dasar dan perilaku higienis sanitasi terus berlanjut”, kata Maxi.

Hal ini tentunya menjadi cerminan untuk budaya hidup bersih dan sehat, imbuhnya dalam siaran persnya yang diterima HalloSidoarjo.com, Rabu, 23 Maret 2022.

Berdasarkan Study Kualitas Air Minum Rumah Tangga (SKAMRT) tahun 2020 menyatakan, bahwa akses kualitas air minum aman sebesar 11,9 persen.

Halaman:

Editor: Yanuar Azis Tofan

Sumber: Kemenkes

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jurnalis dan Pemerhati Musik Bens Leo Meninggal Dunia

Senin, 29 November 2021 | 12:16 WIB

Terpopuler

X